Minggu, 07 September 2014



Rhefa Dahtiar | F44110048

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan,

Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Kuliah Perilaku Konsumen  IKK233  Sep 2014-Jan 2015

Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen : 

Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc

Kuliah Perilaku Konsumen menggunakan Buku yang dibuat oleh Dosen Perilkon yaitu Prof. Dr. Ir Ujang Sumarwan, Msc. buku tersebut diberi tema Perilaku Konsumen "Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.


Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

.
     Saya Rhefa Dahtiar mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian. Pada hari senin, 1 September 2014 saya mengikuti kuliah perilaku konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli dibidang konsumen, yaitu Prof. Dr. Ir.  Ujang Sumarwan. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya. Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan selera.
     Materi yang dibahas kali ini adalah salah satu pengertian dari kata "perilaku konsumen". Perilaku Konsumen adalah semua kegiatan, tindakan serta proses psikologi yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, ketika menggunakan, dan setelah melakukan hal-hal diatas. Untuk Tema Tugas pertama ini adalah  "Apa yang menarik dari kuliah ini". Salah satu hal yang menarik pada perkuliah kali ini adalah cara proses mengajar yang cukup menghebohkan seisi kelas. yaitu Prof Ujang membuat suatu kelompok dan menanyakan satu persatu ke mahasiswanya kata apa yang terpirkan saat mendengar kata "konsumen". Kebetulan saya menjawabnya dengan kata "Diskon". Bagi mahasiswa yang menjawab dengan jawaban yang sama dengan mahasiswa yang sebelumnya. maka dia akan dipinta untuk bernyanyi didepan kelas.


Selain itu konsumen juga berkaitan dengan :
1.       Pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli, pengambil keputusan.
2.      Barang dan jasa, merek, harga dan kualitas.
3.      Menawar, mencari informasi, dan membandingkan mereka.
4.      Persepsi, preferensi, sikap dan motivasi.
     Menurut Schiffman dan Kanuk  Perilaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan mengahbiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

~ Sekian.

 

0 komentar: